Tips Property

Kiat Merenovasi Rumah

Ketika Anda ingin membangun rumah, perlu direncanakan apakah rumah ini akan dibangun 1 atau 2 lantai, jika 1 lantai apakah suatu saat Anda akan menambahnya menjadi 2 lantai. Akan tetapi jika Anda membeli rumah, kemudian berniat merenovasinya, maka banyak hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan. Apakah rumah tersebut dibangun dengan peruntukkan 1 atau 2 lantai. Karena hal ini berpengaruh terhadap kekuatan bangunan (struktur bangunan) yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Misalnya saja Anda memperbesar ruangan 1 m, hal ini akan berdampak cukup besar pada kekuatan bangunan (pondasi dan pembalokan), perubahan bentuk atap (berpengaruh pada rangka atap dan penutup atap), kemungkinan memperpanjang instalasi mekanikal (pemipaan saluran air bersih, air kotor, kotoran dan air hujan) dan elektrikal (kabel instalasi listrik), selain itu juga kita perlu mensinkronkan dengan desain awal agar terintegrasi dengan desain lama.

Sebagai studi kasus, Anda akan merenovasi rumah dengan menambah satu ruang tidur 4×3 m2. Standart pembangunan rumah 2.5 juta tiap meter perseginya. Jika biaya renovasi dihitung secara kasar, yaitu luas bangunan x biaya standart bangunan per meter persegi = (4×3) x Rp. 2.5 juta = Rp. 30 juta.

Secara analitikal hitungan ini kurang tepat karena ketika terjadi penambahan ruang, biasanya akan berdampak pada perubahan struktur baik pondasi dan atap (pembagian pembebanan kekuatan bangunan). Secara arsitektur, misalnya bagian dinding lama ikut terbongkar dan perlu perbaikan, artinya akan ada pekerjaan bongkar, pasang dan finishing..

Kesimpulannya, bahwa nilai rata-rata/m2 bangunan renovasi dapat lebih tinggi dari rata-rata/m2 bangunan baru dan jika Anda berniat merenovasi rumah dan meminimalkan biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan, maka maksimumkanlah area renovasi sesuai dengan kebutuhan, lahan dan anggaran yang Anda miliki. Ingatlah bahwa renovasi kecil (penambahan satu ruangan saja) bukan berarti hanya membutuhkan biaya yang kecil pula.

Lain halnya jika Anda berniat untuk menambah lantai rumah Anda. Mungkin ada beberapa orang yang akan berpendapat bahwa, lebih baik menambah lantai bangunan (menjadi 2 lantai) dari pada melebarkannya. Beberapa kasus, ketika rumah hanya dibangun satu lantai, biasanya tidak disiapkan secara struktur 2 lantai, tetapi hanya untuk satu lantai saja. Maka struktur pondasi yang ada harus dikuatkan atau bisa juga dengan penambahan pondasi baru, untuk menahan beban rumah dilantai dua dan struktur atap hal ini tentu saja menambah biaya renovasi rumah kita..

Maka ada istilah rumah tumbuh, yaitu rumah satu lantai yang disiapkan dengan perencanaan struktur bangunannya untuk dua lantai atau lebih. Dengan perncanaan rumah tumbuh maka di tahun berikutnya ketika kita akan merenovasi rumah, kita dapat menekan biaya renovasi (biasanya harga bahan material naik tiap tahunnya)

Perlu diingat juga ketika Anda menambah lantai bangunan, jangan lupa untuk menyiapkan area tangga sekitar 6 meter persegi. Dengan adanya area tangga ini, berarti Anda harus mengorbankan 1 ruangan dan memindahkannya ke lantai dua.

Keputusan Anda untuk merenovasi rumah dengan memakan area yang cukup luas dan mengubah cukup banyak bentuk tampak (fasad) rumah, maka Anda harus menyediakan biaya lain untuk membuat IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) di kantor kecamatan atau kotamadya/kabupaten setempat untuk mendapatkan ijin peruntukan bangunan, ijin dari lingkungan RT, RW, kelurahan, kecamatan dan kotamadya/kabupaten. (daudesain.com/Arsitektur)

BALITON CLC
Cara Praktis, Hemat, Cepat dan Kokoh untuk Ningkat Rumah

tokoku99.com

Dapatkan informasi sekitar Persoalan Rumah, klik link berikut ini:
Facebook Twitter WordPress | BlogSpot | Google Sites | Google Plus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s