Tips sukses

Hari-Hari Nahas untuk Mulai Bangun Rumah, Transaksi dan lainnya

Untuk memulai aktivitas, transaksi, memulai bangun usaha, membangun rumah, pernikahan, dan lainnya hendaknya kita menghindari hari-hari yang nahas, agar apa yang kita harapkan bisa tercapai dengan penuh berkah dan membuahkan kebahagiaan.

Memang sebagian kaum muslimin tidak mempercayai hal ini, dengan mengatakan bahwa semua hari itu baik. Itu alasan yang nampaknya benar tapi tidak logis. Sejatinya Baik dan buruk dalam hal ini dapat dilihat dari sisi fisikal dan non fisikal. Misalnya, musim hujan baik bagi petani, pedagang payung dan jas hujan, tidak baik bagi pedagang es dan sebaliknya.

Secara non fisikal disebutkan di dalam hadis-hadis Nabi SAW bahwa malam dan malam Jum’at adalah malam yang paling baik dan utama. Malam dan hari Idul Fitri dan Idul Adha lebih mulia dari malam dan hari yang lain. Bahkan di dalam Al-Qur’an disebutkan bulan Ramadhan bulan yang paling utama, dan malam Al-Qadar malam yang paling mulia dari semua malam. Mengapa? Jawabannya dikembalikan kepada Al-Qur’an dan hadis Nabi SAW.

HARI NAHAS
Allah swt menyatakan: “Kami menghembuskan badai dalam beberapa hari yang nahas, karena Kami hendak merasakan kepada mereka itu siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Dan sesungguhnya siksaan di akhirat lebih menghinakan sedangkan mereka tidak diberi pertolongan.” (Fushshilat/41: 16)

“Sesungguhnya Kami menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang pada hari nahas yang terus menerus.” (Al-Qamar/54: 19).

Tanggal berikut ini setiap bulan hijriyah:
Tanggal 03: Buruk dan tidak baik untuk seluruh kegiatan
Tanggal 04: Baik untuk perkawinan, dan tidak disukai untuk bepergian.
Tanggal 05: Buruk dan nahas.
Tanggal 13: Sepanjang hari ini nahas, maka waspadalah dalam seluruh urusan.
Tanggal 16: Buruk dan tercela untuk segala sesuatu.
Tanggal 21: Hari nahas sepanjang hari.
Tanggal 24: Hari nahas dan tercela.
Tanggal 25: Buruk dan tercela, waspadalah melakukan sesuatu.
Tanggal 28: Berimbang antara baik dan buruk.

CATATAN: Perhitungan hari/tanggal di sini berdasarkan Qamariyah atau kalender Hijriyah. Perubahan tanggal dimulai tenggelam matahari.

Dalam suatu riwayat disebutkan jika terpaksa melakukan aktivitas pada hari nahas atau hari yang tidak baik, maka hendaknya bersedekah sebelum melakukan aktivitas dan membaca doa penolak bala’. Sumber

Kumpulan Amalan Praktis dan Doa-Doa Plihan
Cara Praktis dan Hemat untuk Ningkat Rumah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s